Rabu, 19 Juni 2013

Cara Merawat Sepeda Motor

Tips Merawat dan Menjaga Keawetan Sepeda Motor

Sepeda motor merupakan kendaraan dengan jumlah peminat yang sangat meningkat tiap tahunnya di Indonesia. Banyak yang membelinya memang karena kebutuhan atau karena sebagai alternatif untuk menghindari kemacetan di kota-kota besar. Terlepas dari itu semua yang paling penting ialah sang pemilik harus mampu merawat dan menjaga sepeda motornya.
Berikut ini adalah tips merawat dan menjaga keawetan sepeda motor:
  1. Pertama kali ialah Anda harus betul-betul memahami modul pemakaian dari motor yang Anda beli, karena setiap produsen sepeda motor sudah mempersiapkan buku modul pemakaian agar dalam pemakaian motor tersebut dapat tercipta keamanan dan kenyamanan bagi Pengendara serta keawetan bagi motor itu sendiri.
  2. Hendaklah Anda mencuci motor seminggu sekali dengan deterjen khusus yang di jual di toko-toko yang ada, atau minimalnya Anda cuci setiap melihat kondisi motor memang sudah layak untuk dicuci.
  3. Gantilah oli secara rutin/berkala sesuai dengan petunjuk modul bawaan motor.
  4. Panasi mesin motor setiap hari walaupun tidak dikendarai hari itu, hal ini bertujuan untuk menjaga keawetan mesin dan aki motor.
  5. Jangan memaksakan motor Anda dengan kecepatan tertentu yang tidak sesuai dengan giginya (jika motor Anda manual/non matic), hal ini yang sering terjadi dan dianggap sepele oleh sebagian pengendara. misalnya naik tebing yang tinggi dengan gigi 4 dengan awalan kecepatan rendah. Hal ini akan menyebabkan “turun mesin” di kemudian hari.
Itu saja hal-hal yang dapat Kami sampaikan dari tips merawat dan menjaga keawetan sepeda motor. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar